Cytotec merupakan obat yang sering digunakan sebagai pencegah tukak lambung akibat mengonsumsi obat-obatan NSAID. Contoh konsumsi obat NSAID yang umum antara lain ibuprofen, aspirin, dan naproxen. Harga cytotec bervariasi bergantung jumlah dan ketersediaan.

Obat cytotec memiliki kandungan bahan aktif misoprostol, bekerja dengan cara meminimalisir kadar asam di alam lambung. Tujuannya mencegah risiko terbentuknya tukak atau luka pada lambung. Seringkali obat ini diresepkan oleh dokter apabila Anda berisiko tinggi mengidap luka pada lambung.

Selain itu, cytotec kediri acap digunakan sebagai obat untuk mengakhiri kehamilan atau menggugurkan kehamilan (abrosi). Kalau digunakan sebagai media perawatan pasca abrosi, obat ini dikombinasikan dengan obat lainnya, seperti mifeprostone. Sebenarnya cytotec merupakan obat keras sehingga mengonsumsinya harus di bawah pengawasan dokter supaya tidak terjadi risiko atau efek samping. Untuk bisa mendapatkannya Anda harus membawa resep dokter saat membelinya ke apotek maupun toko obat.

Bila Anda gunakan cytotec untuk mencegah tukak lambung, obat ini harus dikonsumsi 4 kali sehari setelah makan dan sebelum tidur untuk meminimalisir diare. Setiap orang memiliki batas doses konsumsi cytotec yang berbeda-beda. Hal ini bisa karena pemberian doses berdasarkan kondisi kesehatan dan respon pengguna terhadap obat. Oh ya, Anda tidak dianjurkan memberikan obat ini ke orang lain sekalipun memiliki keluhan sama.

Selama  mengonsumsi obat cytotec sebaiknya Anda menghindari minum obat jenis antasida yang mengandung magnesium. Dampak dari konsumsi tersebut adalah menyebabkan diare. Kalau perlu meminum obat antasida sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter untuk menentukan obat mana paling cocok dan sesuai dengan kondisi.

Jika dirasa perlu Anda dapat memeriksakan diri ke dokter apabila dalam kurun beberapa hari kondisi tidak segera membaik malah sebaliknya, semakin memburuk. Dokter bisa mengubah doses takaran atau mengganti obat lain yang kiranya cocok dengan kondisi Anda. Prinsipnya, mengonsumsi obat ini Anda harus sesuai resep dokter serta anjuran di label kemasan obat.

Begitu saja penjelasan yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga informasi tentang cara menggunakan obat cytotec bermanfaat bagi Anda. Sampai jumpa di lain waktu. Terima kasih.