Untuk upacara kelulusan biasanya adik kelas akan membuat puisi perpisahan  untuk kakak kelas. Upacara kelulusan adalah sebuah acara yang diperuntukkan untuk siswa – siswa tingkat akhir yang berada di suatu sekolah tertentu. Acara kelulusan yang paling berkesan biasanya adalah acara kelulusan untuk siswa SMA, karena pesta kelulusan tersebut menandai mereka telah menjadi seseorang yang dewasa. Untuk siswa kelas akhir SMA, waktu – waktu yang tersisa di sekolah merupakan sebuah kesempatan yang tidak akan lagi mereka dapatkan. Karena mereka hanya akan bersekolah SMA sekali seumur hidup. Dan pesta kelulusan akan menandai berakhirnya masa remaja mereka da digantikan dengan dunia yang lebih komplek.

Acara kelulusan tersebut menjadi ajang bagi adik – adik kelas untuk menunjukan bakat dan keahlian mereka dengan menampilkan berbagai atraksi dan hiburan – hiburan untuk acara tersebut. Salah satunya adalah memberikan sebuah puisi perpisahan kepada para lulusan atau kakak kelas mereka. Untuk dapat membuat sebuah puisi perpisahan terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal – hal tersebut berguna untuk membuat puisi yang akan dibacakan sesuai dengan tema acara tersebut. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membuat sebuah puisi:

  1. Perhatikan acara

Untuk acara kelulusan pastikan tema yang dibuat harus sesuai dengan acara yang sedang berlangsung. Untuk acara kelulusan tersebut usahakan membuat tema yang berkaitan dengan sekolah atau kejadian – kejadian yang berkaitan dengan sekolah.

  1. Bahasa

Pastikan bahasa yang akan digunakan baik dan benar. Untuk acara sekolah usahakan memakai bahasa baku atau bahasa yang menggunakan EYD yang tepat. Hindari menggunakan kata – kata kasar atau ambigu karena yang akan mendengar puisi tersebut adalah para tamu undangan yang bisa saja termasuk orang – orang penting di kota tersebut. Jangan sampai mempermalukan sekolah tentunya.

  1. Jumlah kata

Jumlah kata juga harus diperhatikan karena kata yang terlalu banyak juga akan membuat orang – orang bosan. Gunakan kalimat yang simple dan sederhana agar para pendengar memahami maksud dari tiap lirik atau bait puisi.