Dalam suatu usaha atau bisnis, ada berbagai persyaratan yang harus dipenuhi, dan sertifikat laik fungsi oss adalah salah satunya. Semakin besar perusahaan tersebut, akan semakin banyak hal yang harus dilengkapi, dan pastinya yang juga sangat penting adalah dalam hal perijinan. Namun, sekarang sebenarnya proses pengurusan perijinan menjadi jauh lebih mudah dan praktis. Adanya OSS memberikan kemudahan bagi para pengusaha untuk mengurus berbagai prosedur yang ada dalam mendapatkan perijinan, termasuk juga untuk mendapatkan sertifikat laik fungsi (SLF). Walau demikian, bukan berarti bahwa semuanya akan lancar tanpa adanya hambatan. Dalam mendapatkan perijinan dan sertifikat tertentu, ada syarat yang harus terpenuhi.

Sertifikat laik fungsi sendiri menjadi aspek yang sangat penting. Ini memang tidak secara langsung berkaitan dengan manajemen dari sautu perusahaan atau bisnis. Ini lebih ke hal teknis yang berkaitan dengan gedung atau kantor yang digunakan. Sebagian orang barangkali beranggapan bahwa IMB atau  Ijin Mendirikan Bangunan sudah cukup. Namun, IMB ini lebih sebagai ijin untuk bangunan tersebut, dan ini belum mencakup kelayakan bangunan tersebut untuk membuka dan menjalankan usaha. Aspek teknis dan fungsi dari bangunan inilah yang kemudian perlu mendapatkan SLF atau Sertifikat Laik Fungsi. Tentu saja, ada banyak keuntungan yang didapatkan ketika perusahaan atau bisnis tertentu sudah memiliki SLF ini. Setidaknya, bisnis tersebut akan jauh lebih kredibel ini karena menjamin legalitas dari perusahan tersebut.

Walau demikian, proses pengurusan Sertifikat Laik Fungsi ini memang tidak mudah. Prosesnya bisa memakan waktu yang cukup panjang. Selain itu, yang lebih penting adalah persyaratan yang harus dipenuhi. Nantinya, gendung akan dicek dari berbagai aspek terkait dengan fungsi dan kelayakannya. Bila ada hal yang dirasa masih kurang, ini akan mempengaruhi proses keluarnya sertifikat ini. Karena itulah, banyak perusahaan yang mencari jasa konsultan, dan dalam hal ini Eticon adalah adalah salah satu perusahaan konsultan yang bisa dipercaya untuk tugas yang satu ini. Selain menyediakan jasa konsultasi, tim dari Eticon juga melakukan pengecekan dan tes untuk menilai bangunan tersebut agar nantinya bisa memenuhi syarat. Hal seperti ini sangat perlu dilakukan sebelum perusahaan mengajukan uji SLF. Dengan sudah melakukan uji teknis terlebih dahulu dan melakukan konsultasi, tentu proses mendapatkan sertifikasi ini menjadi lebih mudah.